Manfaat Secangkir Kopi di Pagi Hari

03 September 2018

Pagi hari sebelum memulai aktivitas sudah tidak aneh lagi kita mengawalinya dengan secangkir kopi hangat dan sambil membaca koran pagi atau melihat berita di televisi. Gambaran ini sudah menjadi hal yang sangat umum tidak hanya di negara kita namun juga di negara-negara belahan dunia lain. Namun sadar tidak sih bahwa ternyata menikmati secangkir kopi di pagi hari itu banyak manfaatnya bagi kesehatan kita lho?

Kopi berdampak positif bagi mental kita lho, memang efeknya baru terasa dalam jangka panjang, namun banyak studi yang menunjukkan bahwa orang yang meminum kopi secara rutin cenderung memliki resiko yang lebih rendah untuk depresi dan bunuh diri. Dan menurut lembaga WHO, peminum kopi memiliki resiko yang lebih rendah terhadap penyakit – penyakit yang menyerang liver dan uterus. Asupan sedang terhadap kopi juga sering dihubungkan dengan turunnya resiko penyakit hati, liver, diabetes tipe 2 dan parkinson.

Namun dalam mengkonsumsi kopi tetap ada aturannya, WHO dalam siaran pers yang dikeluarkan pada 15 Juni 2016 menyebutkan “Drinking very hot beverages was classified as probably carcinogenic to humans (Group 2A).” Jadi pastikan kopi tidak sangat panas ketika hendak dikonsumsi agar tidak menimbulkan efek yang tidak diinginkan. Selain itu juga tidak disarankan penggunaan gula yang berlebihan dalam mengkonsumi kopi.

Kopi yang diminum pagi hari sebelum kerja juga bisa memberikan dorongan energi positif sebelum bekerja, hal ini disebabkan oleh zat yang bernama kafein di dalam kandungan kopi. Kafein ini akan diserap oleh tubuh sekitar 45 menit setelah dikonsumsi dan akan memberikan sentakan energi yang membuat badan kita terjaga, jadi kopi di pagi hari sebelum bekerja cukup membantu selama kita bekerja seharian.

Namun bagi individu yang sensitif terhadap kafein disarankan untuk tidak mengkonsumi kopi di atas pukul 14.00 karena bisa mempengaruhi jadwal dan durasi tidur, namun ada juga beberapa individu yang tahan terhadap efek kafein sehingga bisa menikmati kopi secara bebas. Nah bagaimana? Sudah tertarik untuk mencicipi kopi sebelum berangkat bekerja? Jangan lupa untuk menikmati kopi sambil bertukar pikiran dan mengobrol dengan teman kerja, pasti akan lebih seru dan asyik.

Penulis: Kukuh Pribadi
Sumber Gambar: FreePick

Share On:

Related News

Cegah Penyakit Jantung dengan Yoga

04 October 2018

Resep Alami Bersuara Lantang ala Bung Jebret

04 October 2018

Kenapa Tidak Ada Cabor Yoga di ASIAN Games 2018?

03 October 2018

Menu Kalori Atlet ASIAN GAMES 2018

27 September 2018

Kulit Cantik Dengan Berlari

26 September 2018

Mau Terus Energik Saat Olahraga? Konsumsi smoothies, yuk...

25 September 2018