Ingin jadi atlet? Inilah deretan makanan Sehat Para Atlit

17 September 2018

Asian Games 2018 telah usai, penutupannya sudah digelar pada hari minggu tanggal 2 September 2018 beberapa waktu lalu. Tapi masih banyak hal unik yang bisa dibahas lho, salah satunya kerumitan menyiapkan makanan bagi para Atlet, official dan para pendukung acaranya. Tentu saja penyiapan makanan dan minuman bagi para atlet ini tidak bisa main – main karena mereka adalah orang – orang pilihan perwakilan dari tiap – tiap negara peserta. Nah karena pentingnya proses penyiapan makanan dan minuman bagi para atlet ini, INASGOC sebaga penyelenggara menunjuk dr Louise Kartika Indah sebagai Head of Food Safety khusus untuk mengawasi penyediaan makanan dan minuman bagi para atlet.

    Di wisma atlet saja, bisa mencapai 12 ribu paket makanan yang disiapkan, terdiri dari makanan indonesia, internasional, timur tengah, asia timur dan asia utara, tidak lupa juga makanan vegetarian. Menurut dr Louise setiap makanan yang disajikan selalu diperhatikan nilai gizinya demi menunjang kegiatan Atlet yang berat, tiap makanan yang disajikan dilengkapi informasi nutrisi yang terkandung per 100 gram takaran, informasi itu berupa besaran karbohidrat, protein dan lemak. Para atlet diberi kebebasan untuk menyesuaikan sendiri kebutuhannya. Untuk menjaga kualitas dan keamanan makanan yang disajikan, INASGOC menggandeng Kementrian Kesehatan dan BPOM.

    Setiap atlet tentu memilki kebutuhan asupan kalori yang berbeda-beda tergantung cabang olahraga yang diikuti serta beban aktifitas yang harus dilakukan. Namun secara umum dalam artikel yang dikeluarkan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga disebutkan bahwa yang terpenting bahwa nutri dan kalori yang dibutuhkan didapat secara optimal dan memenuhi prinsip kebutuhan gizi lengkap dan seimbang. Di dlaam gizi lengkap tersebut harus terkandung bahan sebagai sumber energi, sumber pembangun, dan sumber penunjang. Sumber energi berasal dari makanan yang mengandung karbohidrat dominan, lemak dan sedikit protein, sumber pembangun berasal dari makanan yang mengandung protein, sedangkan sumber penunjang berupa makanan yang mengandung vitamin, mineral dan serat.

    Berbeda dengan orang normal, para atlet ini setidaknya membutuhkan 5000 kcal, yang terdiri dari karbohidrat (kh) 50-60% (2000-3000 kcal), Lemak (Lmk) 30-35% (1500-1750 kcal) serta protein (Prot) 10-15% (500-750 kcal). Namun jumlah kalori yang besar ini tidak disajikan dalam sekali saji, masih menurut artikel dari FK Unair dikatakan bahwa sajian kalori yang besar ini dapat diberikan dalam 5 kali penyajian. Selain memperhatikan kandungan kalori yang dibutuhkan oleh para atlet, 20 hingga 40 sample makanan tersebut juga ditest terlebih dahulu oleh empat tenaga kesehatan untuk memastikan keamanannya. Setelah ditest, sample makanan juga disimpan di laboratorium sebagai bank sample jikalau terjadi keluhan di kemudian hari. Tentu saja kerumitan dan proses panjang penyediaan makanan bagi para atlet Asian Games 2018 ini bertujuan untuk memberikan stamina yang cukup untuk bertanding dan memberikan hasil yang terbaik bagi negaranya masing masing.

Penulis: Kukuh Pribadi
Sumber Gambar: Freepick

Share On:

Related News

Cegah Penyakit Jantung dengan Yoga

04 October 2018

Resep Alami Bersuara Lantang ala Bung Jebret

04 October 2018

Kenapa Tidak Ada Cabor Yoga di ASIAN Games 2018?

03 October 2018

Menu Kalori Atlet ASIAN GAMES 2018

27 September 2018

Kulit Cantik Dengan Berlari

26 September 2018

Mau Terus Energik Saat Olahraga? Konsumsi smoothies, yuk...

25 September 2018